Social Icons

Sabtu, 21 September 2013

MASALAH PADA KOMPUTER YANG SERING TERJADI PADA MONITOR

berbagai masalah sering kita jumpai dalam penggunaan komputer, diantaranya adalah sebagai berikut.

A.      MONITOR
Masala-masalah yang sering dijumpai
·         Tampilan pada monitor tampak kebiruan,kemerahan kekuningan dan kehijauan
v  permasalahan ini sering terjadi pada monitor yang usianya lebih dari tiga tahun, untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena berhubungan dengan kompoen elektronik di dalam monitor, maka akan lebih baik jika harus berkonsultasi pada ahlinya. Oleh sebab itu harus dilakukan analisa untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kemungkinan besar sumber masalahnya hanya pada circuit driver video yang mempunyai 3 jalan warna utama (merah, kuning,hijau)
·         Bercak kebiruan pada sudut moitor
v  Hal ini disebabkan karena adanya medan magnet yang dihasilkan dari beberapa piranti elektronik tersebut. Untuk menghilangkan pakai fitur degaussing yang ada pada menu control monitor atau dengan menggunakan magnet yang didekatkan di sudut-sudut moitor agar kembali normal.
·         Monitor menjadi gelap saat loading windows
v  Kemungkinan besar disebabkan karena setup driver untuk monitor tidak tepat. Yang sering terjadi adalah karena dalam keadaan on screen display setting,seting frequensi terlalu tinggi. Lakukan booting windows dalam keadaan save mode dengan cara menekan F8 saat computer loading windows. Lakukan instalasi ulanh VGA card setelah itu pilih jenis monitor yang cocok yang akan menentukan frequensi maksimal yag akan ditampilkan pada windows.
PERAWATAN PADA MONITOR
            Debu pada monitor membuat layar menjadi buram danjika debu tersebut menempel pada layar dan kemudian cara membersihkannya tidak benar, dapat menggores monitor. Selain pada layar juga dapat menutup ventilasi pada monitor yang mengakibatkan panas yang berlebihan pada monitor. Untuk kotoran dalam bentuk cair dapat mengakibatkan kerusakan padam monitor.
Prosedur pembrsihan pada monitor:
            Gunakan kuas kecil atau vacuum cleaner dengan ujung sikat kecil untuk membersihkan debu. Untuk membersihkan debu dari kotoran cair yang menempel pada layar gunakan cairan pembersih kemudian di lap dengan kain kering, terutama pada bagian sudut layar.
B.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar